28 Agustus, 2007

Banjir dan Tata Ruang 8


Dari: Nur Islami
Kepada: tata_ruang_riau@yahoogroups.com
Terkirim: Senin, 11 Juni, 2007 4:38:11
Topik: RE: [tata_ruang_riau] New poll for tata_ruang_riau
Dear Taryudi, saya tak melihat Nama Pak Rafless di email ini......... ......
Oh ya... permintaan saya untuk dapat di FIKIR kan:
Baca baik baik kembali "polling " dibawah, kemudian coba fikirkan dan fahami. dalam kalimat pertanyaannya, seolah olah Sistem tata ruang selama ini sudah salah, OK anggab saja salah, dan mungkin ada team lain yang menghasilkan tata ruang nantinya yang lebih sempurna. Namun tidakkah terfikirkan bahwa Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya banjir. saya yakin semua anda yang didalam team ini memahami faktor faktor tersebut antara lain letak geografis yang memungkinkan tingginya curah hujan, topografi suatu wilayah, kepadatan penduduk, dsb. Contoh: Jakarta, siapapun yang membuat Tata Ruang Jakarta, dan bagaimanapun bersihnya sungai dijakarta, itu hanya sedikit sumbangan untuk mengurangi kemungkinan jakarta akan banjir, karena Jakarta terletak pada ketinggian yang hampir sama dengan laut, dan jakarta merupakan hilir dari area/ wilayah yang sangat luas dibagian selatan jakarta seperti Bogor dan sekitarnya (maaf saya tidak hapal nama2 daerah disekitar sana). contoh lain, Amsterdam,.. ..saya yakin anda tahu teknologi disana seperti apa.
Air tiris - rumbio sampai ke danau bingkuang, terus ke teratak buluh dan sebagainya sampai ke pelalawan, saya jamin siapa pun yang membuat perencanaan tata ruang nya hanya akan memberikan sedikit (kurang dari 1%) pengurangan kemungkinan banjir, karena wilayah sumber datangnya air, yaitu dari payakumbuh sangat lah luas dibandingkan dengan kemungkian luas aliran sungai. ini terbukti dari zaman dahulu 1900 - sekarang banjir tetap ada, walaupun zaman 1900 hutan masih bagus di daerah hulu. Makanya saya minta soal polling anda dispesipikkan lagi. Daerah mana??? orang akan berfikir untuk menjawabnya. nah, Taryudi, ini bukan sekedar setuju atau tak setuju-nya. Saya sangat setuju untuk sesuatu yang lebih baik. tapi jangan dijadikan Kambing hitam Tata ruang sebelum ini. dan jangan tata ruang lama dijadikan sebagai sesuatu yang salah (tersirat dari kalimat pertanyaan polling) hanya untuk menggol kan rencana tata ruang berikutnya oleh team mana saja. ingat, saya tidak ada kepentingan dalam menggolkan tata ruang ini dan saya juga tidak tahu siapa yang buat tata ruang riau sebelum ini. yang saya (juga dan yang lain nya) inginkan hanyalah yang lebih baik.
OK.....


Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

Tidak ada komentar:

Kedaulatan Rakyat Atas Ruang Harus Segera Diwujudkan

Suaka Margasatwa

Balai Raja

Giam Siak Kecil

Bukit Batu

Danau Pulau Besar

Bukit Rimbang Bukit Baling

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

 Tasik Tanjung Padang

Tasik Serkap

Tasik Metas

Tasik Belat

 Kerumutan

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Perbandingan RTRWN Terhadap RTRWP

[RTRWN-RTRWP2.gif]