28 September, 2007

Rencana Tata Ruang Wilayah akan Dipasang di Tiap Kecamatan

[Sumber : republika.co.id | 19/04/07]
http://www.penataanruang.net/BERITA/file/190407_republika.htm

Jakarta-RoL -- Pemerintah akan memasang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di setiap kecamatan sehingga masyarakat dapat ikut mengawasi pelaksanaan tata ruang di daerahnya sehingga kalau terjadi pelanggaran dapat langsung dilaporkan kepada aparat kepolisian.

"Pemasangan RTRW di kecamatan itu wajib hukumnya, apabila tidak dilaksanakan maka aparat bersangkutan dapat kena sanksi," kata Dirjen Penataan Ruang Departemen Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, di Jakarta, Kamis (19/4).

Dengan demikian masyarakat tahu apa yang akan dibangun di daerahnya karena setiap pembangunan yang dilakukan baik di provinsi/kabupaten/kota harus berdasarkan rencana tata ruang yang disahkan dalam peraturan daerah (perda).


"Masyarakat dapat menuntut untuk dibatalkan izinnya atau dihentikan pembangunannya jika tidak sesuai dengan rencana tata ruang," kata Hermanto.

Selain pembatalan izin dan penghentian pembangunan, masyarakat juga bisa mengajukan gugatan ganti rugi kepada pemerintah maupun swasta jika pembangunan yang tidak sesuai RTR itu menimbulkan kerugian.

Pemberian izin pembangunan sendiri nantinya akan memperhatikan aturan zonasi yang mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dibangun. Aturan zonasi, jelas Hermanto akan menentukan mana daerah yang menjadi kawasan permukiman, industri maupun kawasan lindung.

Selain masalah sanksi, hal lain yang menonjol diatur dalam UU Penataan yang baru menurut Hermanto diantaranya pemberian kewenangan yang lebih jelas kepada daerah, adanya insentif dan disinsentif, penataan ruang mencakup ruang darat, laut dan udara termasuk yang di dalam bumi, adanya pengaturan kawasan pedesaan dan agropolitan dan lainnya.



Tidak ada komentar:

Kedaulatan Rakyat Atas Ruang Harus Segera Diwujudkan

Suaka Margasatwa

Balai Raja

Giam Siak Kecil

Bukit Batu

Danau Pulau Besar

Bukit Rimbang Bukit Baling

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

 Tasik Tanjung Padang

Tasik Serkap

Tasik Metas

Tasik Belat

 Kerumutan

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Perbandingan RTRWN Terhadap RTRWP

[RTRWN-RTRWP2.gif]