28 September, 2007

PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM HARUS PERHATIKAN LANSKAP EKOLOGI

[Sumber : antaraNew 02/05/06]
http://www.penataanruang.net/BERITA/file/020506_antaranew.htm

Yogyakarta, (ANTARA News) - Pemanfaatan sumber daya alam untuk kepentingan kehidupan manusia harus memperhatikan lanskap ekologi agar tidak menimbulkan kerusakan alam.

"Sebenarnya semua sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Namun yang penting adalah pemanfaatannya tidak menimbulkan kerusakan alam," kata pakar ekologi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Ir Muhammad Iftironi MLA di Yogyakarta, Selasa (2/5).


Menurut dia, timbulnya berbagai kerusakan alam seperti tanah longsor, kekeringan, dan banjir sebenarnya lebih banyak disebabkan oleh perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tidak sesuai dengan prinsip keteraturan. "Secara alamiah, makhluk hidup dan lingkungan selalu membentuk hubungan timbal balik yang dinamis dalam sebuah ekosistem. Materi dan energi dalam ekosistem mengalami perpindahan yang membentuk suatu siklus," katanya. Ia mengatakan, tanpa adanya campur tangan manusia semua komponen yang ada di alam membentuk suatu keteraturan sehingga mempunyai tingkat kelestarian dan keberlanjutan yang tinggi. "Jika dalam sebuah ekosistem terjadi perubahan pada salah satu komponen tersebut akan menyebabkan perubahan pada komponen yang lain, bahkan siklus atau rantai yang ada mengalami kerusakan.

Kondisi itu jika terjadi dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan kerusakan alam," katanya. Ia menambahkan, keragaman ekosistem merupakan karunia yang tinggi dari Sang Pencipta. Karakter lingkungan alam berpengaruh terhadap karakter makhluk hidup yang ada di dalamnya sehingga beragamnya ekosistem menyebabkan karakter makhluk hidup menjadi bermacam-macam. "Itu adalah karunia yang luar biasa karena menjadikan alam memiliki warna yang bermacam-macam. Keanekaragaman itu pula yang menjadikan alam mempunyai berbagai penyangga sehingga tingkat stabilitasnya tinggi," katanya. (*)

Tidak ada komentar:

Kedaulatan Rakyat Atas Ruang Harus Segera Diwujudkan

Suaka Margasatwa

Balai Raja

Giam Siak Kecil

Bukit Batu

Danau Pulau Besar

Bukit Rimbang Bukit Baling

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

 Tasik Tanjung Padang

Tasik Serkap

Tasik Metas

Tasik Belat

 Kerumutan

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Perbandingan RTRWN Terhadap RTRWP

[RTRWN-RTRWP2.gif]