23 Oktober, 2008

Pansus Undang Wakil Masyarakat

Pansus Undang Wakil Masyarakat
________________________________________
Bahas Ranperda RTRW
PEKANBARU-Hingga saat ini rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Pekanbaru, masih dalam pembahasan dewan. Meskipun rancangan itu sudah disampaikan Pemko Pekanbaru sekitar tiga bulan lalu. Sementara dewan sendiri berniat mengundang perwakilan komponen masyarakat dalam pembahasannya. Hal itu mengingat Perda ini dinilai sangat urgen sehingga harus subtansinya oleh masyarakat. Hal itu diungkapkan Ketua Pansus Ranperda RTRW DPRD Pekanbaru, Desmianto, Kamis (11/9). Dikatakan, mereka yang akan diundang antara lain tokoh masyarakat, unsur akademisi, pihak asosiasi pengusaha dan pihak LSM. Termasuk intansi terkait di lingkungan Pemko serta para ahli yang akan memberikan penjelasan. "Rencananya, ekspose akan kita lakukan Senin depan," ujarnya.

Dikatakan, upaya ini dilakukan untuk mendapat masukan dari kalangan masyarakat agar perda RTRW ini nantinya lebih sempurna. Selain itu, mungkin saja selama ini masyarakat belum mengetahui subtansi dari Perda itu. Sehingga mereka harus diberi penjelasan terkait hal itu. Langkah ini juga untuk menghindari adanya penilaian bahwa pemerintah dan dewan kurang transparan alam hal sosialisasi tata ruang, sehingga mengakibatkan minimnya peran aktif masyarakat dalam pembangunan. "Kita harapkan dengan sosialisasikan ini, Ranperda RTRW nantinya bisa dipahami sebelum disetujui menjadi Perda," katanya.

Dijelaskannya, draft Ranperda RTRW yang disampaikan Walikota tersebut antara lain berisikan terntang peruntukan wilayah pemukiman. Dalam ranperda ini pula direncanakan daerah pemukiman dikembangkan pada wilayah Selatan dan Timur secara ekstensif. Perda RTRW ini nantinya diharapkan benar-benar dimengerti dan dipahami pihak camat.lurah karena menyangkut wilayah pengembangan (WP) dan WP itu berada wilayah masing-masing kecamatan. (lah)

Tidak ada komentar:

Kedaulatan Rakyat Atas Ruang Harus Segera Diwujudkan

Suaka Margasatwa

Balai Raja

Giam Siak Kecil

Bukit Batu

Danau Pulau Besar

Bukit Rimbang Bukit Baling

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

 Tasik Tanjung Padang

Tasik Serkap

Tasik Metas

Tasik Belat

 Kerumutan

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Perbandingan RTRWN Terhadap RTRWP

[RTRWN-RTRWP2.gif]