23 Oktober, 2008

Pemko Pekanbaru Ajukan Ranperda RTRW

Selasa, 10 Juni 2008 16:48
Pemko Pekanbaru Ajukan Ranperda RTRW

Riauterkini-PEKANBARU-Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Walikota Herman Abdullah mengajukan Ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) ke DPRD Pekanbaru Selasa (10/6). Ranperda ini dinilai penting mengingat semakin pesatnya perkembangan kota Pekanbaru.


Kepada wartawan usai penyampaian Ranperda, Herman menyatakan sudah 13 tahun ini Rencana Umum Tata Ruang Kota (RUTRK) Pekanbaru tidak berubah. Yakni sejak tahun 1993 hingga 2006. "Selama hampir 15 tahun tersebut, sudah banyak perubahan signifikan terjadi di Kota Pekanbaru. Baik jumlah penduduk maupun kawasan yang sudah terbangun," jelas Herman.

Perubahan yang demikian pesat itu, lanjutnya, perlu diantisipasi dari sekarang. Jika tidak, wilayah Pekanbaru akan tidak beraturan, sesak dan tidak tertib. "Nanti ada peruntukkan bagi kawasan bisnis, pertanian dan lahan terbuka hijau," ujarnya. Apalagi, lanjut Herman, jumlah penduduk Kota Pekanbaru pada 2026 mendatang diperkirakan mencapai 1,5 juta orang. Dengan perkiraan pertumbuhan penduduk tetap 3,9%. Oleh sebab itu, penting sekali adanya RTRW untuk 15 tahun ke depan.

Diakui Herman, pengajuan Ranperda RTRW agak terlambat dilakukan. Dijelaskan Herman, sebelum keluar UU No 26/2007, Distako sudah membuat ancang-ancang untuk merevisi Perda RUTRK. Namun dengan keluarnya UU, tentu rancangan RUTRK yang sekarang disebut RTRW harus disesuaikan kembali.

Herman pun meminta Bappeda, Kimpraswil dan Distako merancang jalan-jalan poros pemukiman. Ke depan, flat atau rumah susun akan menggantikan perumahan. Beban berat berada di pundak Distako. "Karena itulah saya ingin Distako berdiri sendiri, tidak bergabung dengan Kimpraswil," ujarnya menyentil usulan dewan terkait pembahasan SOTK.***(sari)
http://riauterkini.com/pekanbaru.php?arr=19432

Tidak ada komentar:

Kedaulatan Rakyat Atas Ruang Harus Segera Diwujudkan

Suaka Margasatwa

Balai Raja

Giam Siak Kecil

Bukit Batu

Danau Pulau Besar

Bukit Rimbang Bukit Baling

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

 Tasik Tanjung Padang

Tasik Serkap

Tasik Metas

Tasik Belat

 Kerumutan

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Perbandingan RTRWN Terhadap RTRWP

[RTRWN-RTRWP2.gif]