23 Oktober, 2008

Sembilan Orang Diperiksa

Sembilan Orang Diperiksa
________________________________________
Kasus Penerbitan SKT Mahato
PEKANBARU-Sembilan orang saksi telah diperiksa terkait kasus dugaan penerbitan surat keterangan tanah (SKT) pada lahan Hutan Lindung Mahato, Kabupaten Rokan Hulu. "Penyidik Kejaksaan Tinggi dan Kejari Pasir Pengarayan telah memeriksa sembilan orang saksi dalam kasus ini. Kemungkinan masih banyak lagi saksi yang akan diperiksa," kata Kasi Penkum/Humas Kejati Riau Darbin Pasaribu, Rabu (16/4).

Kesembilan orang saksi tersebut terdiri dari enam orang saksi dari kelompok tani dan tiga orang dari pejabat Dinas Kehutanan Rohul, pihak Kecamatan Tambusai Utara dan dari Bagian Tata Ruang Pemkab Rohul yang diduga mengetahui seputar diterbitkannya SKT itu. Mantan Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Rokan Hulu Sri Hardono diperiksa sebagai saksi oleh penyidik Kejati Riau di Kejati Riau, Kamis (6/3) lalu. Pemeriksaan Sri Hardono sesuai dengan kapasitasnya yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Rokan Hulu. Ia dinilai banyak mengetahui tentang batas-batas kawasan Hutan Lindung Mahato. Terkait penyidikan kasus ini, pihak Kejari Pasir Pengarayan telah menetapkan mantan Camat Tambusai Utara M. Harun sebagai tersangka karena mengeluarkan 477 lembar SKT kepada para kelompok tani. SKT yang dikeluarkan bervariasi mulai 1 hektar hingga 2 hektar/SKT.

Setelah penanganan kasus dugaan penerbitan SKT atas lahan Hutan Lindung Mahato cukup lama mengendap di Kejari Rohul. Kejati Riau akhirnya membentuk tim bantuan percepatan penanganan kasus tersebut. Tim penyidik Kejati Riau yang diperbantukan menangani kasus ini beranggotakan Darbin Pasaribu, SB Siregar dan S Waruwu. Sementara jaksa penyidik Kejari Pasir Pengarayan lebih dahulu menangani kasus ini sejak tahun 2005 lalu. (bin)
http://www.riaumandiri.net/indexben.php?id=22560

Tidak ada komentar:

Kedaulatan Rakyat Atas Ruang Harus Segera Diwujudkan

Suaka Margasatwa

Balai Raja

Giam Siak Kecil

Bukit Batu

Danau Pulau Besar

Bukit Rimbang Bukit Baling

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

 Tasik Tanjung Padang

Tasik Serkap

Tasik Metas

Tasik Belat

 Kerumutan

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Perbandingan RTRWN Terhadap RTRWP

[RTRWN-RTRWP2.gif]