17 September, 2007

KONSISTENSI PENATAAN RUANG DAN PEMANFAATAN, LANGKAH ANTISIPASI KURANGI AKIBAT BENCANA ALAM



Konsistensi antara aspek penataan ruang dengan pemanfaatannya di lapangan diperlukan sebagai langkah antisipasi mengurangi kerusakan infrastruktur maupun korban jiwa akibat bencana alam. Hal tersebut penting mengingat wilayah Indonesia yang rawan terhadap berbagai bencana alam termasuk bencana alam geologi.

“Selama ini beberapa kabupaten/kota di Indonesia sudah mempunyai rencana tata ruang wilayahnya, tetapi pelaksanaannya dilapangan melenceng, sehingga terkesan hanya rencana di atas kertas,” ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Pekerjaan Umum Amwazi Idrus pada program Dialog TVRI di stasiun TVRI Jakarta, Minggu malam (29/8).


Bencana alam geologi bersifat jangka panjang dan bersiklus namun pasti terjadi sewaktu-waktu, sehingga masyarakat harus mengetahui potensi-potensi bencana alam dari wilayah yang ditempatinya.

Amwazi Idrus menyayangkan pembangunan di Indonesia selama ini kurang menghiraukan perhitungan faktor kerawanan bencana alam dan hanya memperhatikan kepentingan bisnis. Perhitungan faktor kerawanan bencana alam bisa diterapkan dengan cara tidak membangun secara fisik daerah-daerah yang memiliki potensi bencana alam besar sehingga masyarakat tidak menempati wilayah tersebut

Sementara itu Ketua Departemen Pengembangan Ilmu Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Edi Sunardi mengatakan sebenarnya bencana alam geologi dapat diprediksi berdasar latar belakang geologi dengan parameter sabuk gunung berapi misalnya.

Edi Sunardi menuturkan para ahli geologi Indonesia sudah membuat zonase atau pembagian wilayah berdasarkan potensi gempa yang dimilikinya. Namun hasil pembagian wilayah tersebut memang belum banyak diketahui masyarakat akibat masih kurangnya penyebaran informasi.

Departemen Pengembangan Ilmu IAGI saat ini sudah mempunyai pengurus daerah (Pengda) di provinsi-provinsi Indonesia. Keberadaan Pengda ini akan lebih dimaksimalkan dalam menyebarkan informasi-informasi mengenai geologi termasuk informasi yang berhubungan dengan bencana alam geologi. (rnd)
http://www.pu.go.id/index.asp?link=Humas/news2003/ppw280806rnd.htm


Tidak ada komentar:

Kedaulatan Rakyat Atas Ruang Harus Segera Diwujudkan

Suaka Margasatwa

Balai Raja

Giam Siak Kecil

Bukit Batu

Danau Pulau Besar

Bukit Rimbang Bukit Baling

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

 Tasik Tanjung Padang

Tasik Serkap

Tasik Metas

Tasik Belat

 Kerumutan

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Perbandingan RTRWN Terhadap RTRWP

[RTRWN-RTRWP2.gif]