23 Oktober, 2008

Bangun Jalur Hijau dan Taman Dinas TRCK Anggarkan Rp4 M Melalui APBD 2008

Bangun Jalur Hijau dan Taman Dinas TRCK Anggarkan Rp4 M Melalui APBD 2008
________________________________________
Pasir Pengarayan- Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (TRCK) Kabupaten Rohul melalui APBD murni 2008 ini, menganggarkan untuk pembangunan jalur hijau dan taman median jalan sebesar sekitar Rp4 miliar disepanjang median jalan mulai dari depan Kantor Bupati Rohul, jalan Tuanku Tambusai hingga Simpang Supra termasuk median dari Simpang Tangun Baru hingga ke simpang RSUD Rohul sepanjang 4 km. Kini pembangunan tersebut sedang tahap pelaksanaan pekerjaan oleh rekanan pemenang tender. Hal itu disampaikan Kadis TRCK Rohul H Hafit Syukri melalui Kabid Pertamanan dan Kebersihan Dinas TRCK Rohul, H Damri Poti, Senin (13/10) kepada wartawan di ruang kerjanya. Untuk pelaksanaan pekerjaan itu sendiri ditargetkan selesai hingga bulan November 2008 mendatang, sehingga seluruh taman median jalan sudah ditanami bunga, termasuk pada jalur hijau dengan tanaman bunga di pot yang sedang tahap pekerjaan sepanjang 440 meter di kawasan depan kantor Bupati Rohul.

Menjadi Taman
Menurut Damri Poti, setelah selesai tahap pekerjaan maka seluruh median jalan akan menjadi taman bunga. Dimana nantinya sesuai rencana, taman tersebut akan ditanami beragam bunga seperti bunga bayam, jengger merah, dadap merah, bungenvil, trompet serta pohon mahoni serta jenis lainnya. Sedangkan untuk jalur hijau sendiri juga akan ditanami pohon pelindung, hanya saja sampai kini pihaknya belum menganggarkan penanaman pohon pelindung disepanjang tepi jalan protokol karena batas lebar jalan sampai kini belum ditetapkan berapa lebarnya. Hanya saja, untuk penanaman pohon pelindung akan dianggarkan di APBD tahun 2009 mendatang.

"Sesuai arahan Bupati Rohul, median jalan akan dijadikan taman bunga. Saat ini pihak pelaksana pekerjaan melakukan penimbunan tanah hitam di median agar nantinya penanaman bunga bisa lebih baik, baru setelah itu dilakukan penataan penanaman beragam jenis bunga sehingga median jalan nantinya menjadi taman bunga dan menjadi jalur hijau. Juga akan dibangun bener berbentuk bintang 8 di atas taman media,"kata Damri Poti. Dengan dibuatnya taman dimedian jalan termasuk pohon pelindung, maka kedepannya diharapkan Kabupaten Rohul bisa mendapatkan adipura. Karena salah satu pendukung menjadi kota adipura, termasuk harus memiliki jalur hijau, sehingga perlunya penataan lebih baik agar taman median jalan lebih apik sekaligus berfungsi sebagai jalur hijau yang merupakan sebagai paru-paru ibukota Rohul. (fer)

http://www.riaumandiri.net/indexben.php?id=27331

Tidak ada komentar:

Kedaulatan Rakyat Atas Ruang Harus Segera Diwujudkan

Suaka Margasatwa

Balai Raja

Giam Siak Kecil

Bukit Batu

Danau Pulau Besar

Bukit Rimbang Bukit Baling

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

 Tasik Tanjung Padang

Tasik Serkap

Tasik Metas

Tasik Belat

 Kerumutan

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Perbandingan RTRWN Terhadap RTRWP

[RTRWN-RTRWP2.gif]